BIDANG KURIKULUM |
JENIS KEGIATAN | SASARAN YANG INGIN DICAPAI |
| |
1. Pengadaan perangkat | 1. Tiap guru memiliki GBPP yang relevan dgn. |
kurikulum yg.sesuai | tugasnya |
| 2. Tiap guru memiliki buku Juklak PBM |
| 3. Tiap guru memiliki buku Juklak penilaian |
2. Pembagian tugas guru | 1. Diupayakan tiap guru mengajar sesuai dgn. |
dan karyawan | kelayakan |
| 2. Yang tidak ada akan disesuaikan dengan |
| minat dan kemampuan |
| 3. Pembagian tugas secara merata |
3. Jadwal Pelajaran | 1. Awal tahun pelajaran telah disiapkan |
4. Program semester dan | 1. Semua guru diwajibkan untuk membuat |
satuan pelajaran | program tahunan, semester dan SP |
| 2. Satpel tahun lalu dapat direvisi dan |
| dikembangkan |
5. Evaluasi | 1. Selesai tiap pembahasan agar melakukan |
| test formatif |
| 2. Dalam 1 semester minimal 6 x ulangan |
| harian |
| 3. Untuk memperoleh hasil yang optimal |
| agar membuat analisis butir soal dan per |
| hitungan daya serap siswa dan kelas |
| 4. Mengadakan tindak lanjut berupa pengajar- |
| an dan pengayaan |
| 5. Tiap guru memiliki buku nilai yang harus |
| dikelola sebagaimana mestinya |
| 6. Mengadakan test prestasi belajar 2 smtr. |
6. Laboratorium | 1. Dikelola sebagaimana mestinya |
| 2. Ada jadwal kegiatan dan program peng- |
| gunaannya |
| 3. Lab. Hanya digunakan untuk MP. IPA |
7. Perpustakaan | 1. Agar dikelola sesuai dengan petunjuk |
| 2. Penambahan jumlah dan judul buku |
| 3. Mempunyai daftar katalog |
| 4. Mempunyai buku catatan pengunjung |
| perpustakaan |
| 5. Ada pengelola khusus |
8. Olah Raga | 1. Melaksanakan senam pagi dan SKJ untuk |
| guru, pegawai da siswa |
| 2. Menggalakkan olah raga prestasi sebagai |
| kegiatan eskul. |
9. Kesenian | 1. Membentuk kelompok paduan suara |
| 2. Membentuk kelompok tari daerah |
| 3. Membentuk esamble suling |
| 4. Membina anak yang berbakat musik me- |
| lalui band/rebana di madrasah |
| 5. Melengkapi alat-alat kesenian |
10. BP & BK | 1. Memantapkan fungsi guru BK |
| 2. Pembuatan program BK |
| 3. Mengadakan bimbingan secara tatap muka |
| di kelas |
| 4. Mengadakan bimbingan rutin |
| 5. Mengadakan case conferencee |
| 6. Mengadakan pemeriksaan psikologi untuk |
| siswa, kerja sama dengan Yayasan konsul- |
| tasi dan bimbingan |
11. Buku pegangan guru | 1. Tiap guru memiliki buku pegangan yang |
dan siswa | sesuai dengan ketentuan |
| 2. Memiliki buku acuan untuk memperluas |
| wawasan keilmuan |
| 3. Tiap siswa wajib memiliki buku pegangan |
| ( melalui koperasi/perpustakaan untuk |
| memperoleh kemudahan ) |
12. Alat Peraga | 1. Madrasah berupaya memiliki & menambah |
| alat peraga dan media pendidikan |
| 2. Alat peraga yang ada dimanfaatkan secara |
| optimal |
| 3. Siswa agar dirangsang/dimotivasi untuk |
| mencoba membuat alat peraga sederhana |
| 4. Melalui kokurikulum membuat kliping sbg. |
| media pendidikan dan perpustakaan |
BIDANG KETENAGAAN | |
1. Guru | 1. Berusaha melengkapi guru bidang studi |
| sesuai dengan kebutuhan |
| 2. Kekurangan guru tetap diatas guru tidak |
| tetap honorer |
| 3. Mewajibkan guru-guru untuk meningkatkan |
| wawasan keilmuan dan pendidikannya |
| melalui program satu hari wajib membaca |
| 4. Menambah pengetahuan melalui izin |
| belajar |
| 5. Mengikuti penyetaraan sampai jenjang yang |
| lebih tinggi |
| 6. Mengikuti LKG, SPKG, MGMP |
| 7. Mengetahui kesulitan guru melalui supervisi |
| kelas |
| 8. Meningkatkan peran guru sebagai wl. kelas |
| petugas BK, dan orang tua di madrasah |
2. Pegawai tu & Pesuruh | 1. Membagi habis tugas ketatausahaan |
| 2. Membuat program Tata Usaha |
| 3. Melengkapi data-data ketatausahaan |
| 4. Memberikan kesempatan kepada pegawai |
| untuk melanjutkan pendidikan formal |
| 5. Memberikan kesempatan kepada pegawai |
| untuk mengikuti kursus-kursus dan latihan- |
| latihan yang relevan dengan tugasnya |
| 6. Membagi tugas bersama pesuruh untuk |
| siang dan malam hari |
BIDANG KESISWAAN | |
1. Kegiatan ekstra | 1. Memantapkan kegiatan eskul |
kurikuler | 2. Meningkatkan kegiatan eskul |
| 3. Membentuk tim kesenian dan olah raga |
| 4. Membentuk dan melaksanakan kegiatan |
| OSIS |
| 5. Meningkan kegiatan Pramuka |
| 6. Meningkatkan kegiatan PMR |
| 7. Mengikutsertakan para pembina kelompok |
| kedalam latihan-latihan peningkatan ketrmp. |
| 8. Melaksanakan Jum'at Bersih |
BIDANG SARANA & PRASARANA | |
1. Pemeliharaan ruang | 1. Memelihara kebersihan & keindahan |
Kepala Mdrasah | 2. Mengganti dan memperbaiki peralatan yang |
| mengalami kerusakan |
| 3. Menambah dan melengkapi peralatan yang |
| kurang |
2. Pemeliharaan ruang | 1. Memelihara kebersihan, keindahan dan |
guru | keserasian |
| 2. Mengganti dan memperbaiki peralatan yang |
| mengalami kerusakan |
| 3. Menambah dan melengkapi peralatan yang |
| kurang |
| 4. Menyediakan papan data, papan pengumu- |
| man dan atribut |
3. Pemeliharaan ruang | 1. Memelihara kebersihan,keindahan dan |
Tata Usaha | keserasian |
| 2. Melengkapi data-data |
| 3. Menata peralatan dan persiapan untuk |
| memudahakan pelayanan |
4. Pemeliharaan ruang | 1. Memelihara kebersihan, keindahan dan |
kelas | keserasian ruang kelas |
| 2. Memelihara kebersihan meja dan kursi |
| 3. Melengkapi atribut kelas |
| 4. Menata tembok dengan data dan hiasan |
5. Pemeliharaan ruang | 1. Memelihara kebersihan, kerapihan ruangan |
laboratorium | 2. Penataan alat dan penyimpanan alat |
| 3. Penggunaan yang baik untuk memperpan- |
| jang usai pakai |
6. Pemeliharaan ruang | 1. Memelihara kebersihan, kerapiha ruangan |
perpustakaan | 2. Menata kembali buku yang sudah selesai |
| dibaca |
| 3. Memperbaiki dan mengganti jilid buku yang |
| telah rusak |
| 4. Memperbaiki dan menambah peralatan |
| yang sudah rusak |
| 5. Mengelola buku kunju8ngan dengan baik |
7. Pemeliharaan gedung | 1. Memelihara gedung dari kemungkinan bocor |
bangunan | dan rusak |
| 2. Pengecata dinding yang kotor |
| 3. Penggantian kusen yang lapuk |
| 4. Perbaikan plafon yang ruasak |
| 5. Penggantian kaca yang pecah |
8. Pemeliharaan halaman | 1. Memantapkan pelaksanaan kebersihan di |
dan kebun | lingkunagn amadrasah |
| 2. Pembabatan rumput yang panjang |
| 3. Penanaman apotik hidup |
| 4. Melaksanakan perindangan/ penghijauan |
| 5. Penggantian tanaman yang mati |
9. Pemeliharaan | 1. Pemeliharaan dan pengeacatan |
musholla | 2. Pemeliharaan dan penggantian peralatan |
| 3. Penambahan sarana yang kurang |
| 4. Pemeliharaan kebersihan lingkungan dan |
| air wudlu |
10. Pemeliharaan WC | 1. Menjaga kebersihan |
dan Urinior | 2. Peabaikan sanitasi |
| 3. Pengecatan dan perbaikan |
| 4. Penyediaan alat-alat untuk keperluan WC |
| ( ember, gayung,karbol,dan lain-lain) |
| 5. Penyedotan Septictank yang sudah penuh |
11. Pemeliharaan alat | 1. Pemeliharaan alat-alat meubeulier |
meubelier | 2. Memperbaiki yang rusak |
| 3. Menyimpan sisa peralatan yang tidak |
| terpakai |
| 4. Menambah peralatan yang kurang |
| 5. Memliki daftar inventaris untuk tiap kelas |
| dan ruang |
BIDANG KETATAUSAHAAN | |
1. Pengelolaan surat- | 1. Memantapakan pengelolaan surat masuk |
surat | dan surat keluar |
| 2. Pemberian disposisi ,Pendelegasian pada |
| surat, konsep balasan dan pengarsipan |
| 3. Pengolahan minguan dan pemeriksaan |
| surat-surat yang belum terselesaikan |
| 4. Menyiapkan laporan bulanan, tri wulan dan |
| akhir tahun |
2. Pengolahaan adm | 1. Pemantapan pengolahan data kepegawaian |
umum | DUK Kenaikan pangkat/ tingkat & berkala |
| 2. Pemantapan Pengolahan buku induk pega- |
| wai, komite sekolah, arsif riwayat hidup |
| pekerjaan, cuti, tugas insidentil, teguran & |
| peringatan-peringatan |
3. Pengolahan adm. | 1. Pemantapan kerja bendaharawan UYAD |
surat-surat | 2. Pemantapan kerja bendaharawan khusus |
| 3. Pemantapan kerja bendaharawan komite |
| sekolah |
| 4. Pemantapan tugas pembelian barang |
| 5. Penggunaan kwitansi dan SPJ secara |
| rutin tanpa ditunda |
| 6. Petugas harus selalu siap bila sewaktu - |
| waktu disupervisi oleh petugas yang |
| berwenang |
BIDANG HUBUNGAN | |
1. Interen | |
1. Hubungan kepala | 1.1. Pemantapan hubungan kepala madrasah |
madrasah dengan | dan guru-guru dalam dan luar dinas |
guru & pegawai | 1.2. Mengembangkan sikap keterbukaan |
| 1.3. Mengembangkan sikap silih asih, asah |
| asuh |
| 1.4. Membudayakan sikap tutwuri handayanai |
2. Hubungan guru dgn | 2.1. Mengembanmgkan sikap kekeluargaan |
guru dan pegawai | yang tinggi |
| 2.2. Saling tolong menolong |
| 2.3. Meningkatkan solidaritas antar teman |
3. Hubungan guru, | 3.1. Selalu membina hubungan harmonis,antar |
pegawai dengan | siswa dengan kepala madrasah & guru |
kepala madrasah | |
2. Exteren | |
1. Hubungan antar | 1.1. Mengadakan hubungan denagn madrasah |
madrasah sejenis | sejenis |
| 1.2. Mengirimkan guru/siswa pada pertemuan |
| undangan |
2. Hubungan dengan | 2.1. Hubungan baik dengan Dinas Pendidikan |
intansi lain | dan Depag |
| 2.2. Mengkoordinasikan kegiatan ke Dinas |
| dan Depag |
3. Hubungan pertikal | 3.1. Penyampaian laporan dengan tepat waktu |
dengan dinas pend./ | 3.2. Kunjungan tatap muka berdasarkan |
Depag | keperluan |
4. Hubungan dengan | 4.1. Meningkatkan hubungan untuk menunjang |
Komite madrasah | perkembangan madrasah |
dan orang tua/wali | 4.2. Meningkatkan peran serta orang tua/wali |
| siswa untuk menanggulangi berbagai |
| kendala demi tercapainya pendidikan |